Wednesday, November 2, 2016

Contoh Kesimpulan dan Saran Dalam Laporan PKL/PRAKERIN

Selamat untuk kamu yang sudah berhasil melaksanakan PKL ataupun PRAKERIN. Saatnya kamu membuat laporannya, bagian paling sulit dan butuh proses yang agak lama (Hanya Sebentar jika kamu melakukannya dengan giat) yaitu adalah membuat sebuah Laporan Prakerin yang diharuskan dan diwajibkan di sekolah-sekolah kejuruan. di sebuah laporan terdapat Pembukaan, Kata Pengantar, Isi, dan tentunya penutup. nah, KelasElektro akan membagikan beberapa contoh dari pada Bagian isi, yaitu Kesimpulan dan Saran. Ada beberapa contoh yang akan saya berikan.


Contoh ke-1 :

Kesimpulan

Setelah saya melakukan PRAKERIN (Praktik Kerja Industri) di PT. TUNAS TOYOTA RIDEAN TBK.Saya mendapatkan banyak manfaat, baik itu pengalaman, pengetahuan, dan semua yang terkait dalam dunia kerja. Sehingga saya dapat menambah wawasan yang saya dapatkan selama ini, karena hanya dengan praktek saya bisa mengetahui seberapa jauh kemampuan yang sudah saya dapat di sekolah. Sehingga suatu saat nanti jika saya memasuki dunia kerja tidak akan ragu melakukannya, karena sebelumnya sudah mempunyai pengalaman yang baik.

Kesan

Selama saya melakukan PRAKERIN saya merasa senang serta mendapatkan pengalaman bekerja, meskipun saya masih banyak kekurangan tetapi saya tetap berusaha semaksimal mungkin untuk mengikuti sistem kerja.Saya juga sangat berterima kasih kepada semua karyawan PT. TUNAS TOYOTA RIDEAN TBK. Khususnya Divisi Body Repair yang selalu meluangkan waktunya untuk berbagi pengetahuan, dan pengalaman secara langsung.Pengalaman itu bagi saya sesuatu yang paling berharga, terutama sifat kekeluargaannya menjadikan suasana kerja lebih nyaman dan menyenangkan. Semoga pengalaman yang singkat ini dapat dijadikan momen untuk meningkatkan semangat belajar, sehingga pada waktunya kelak saya merasa siap bersaing dalam dunia kerja baik di dunia industri maupun dunia usaha lainnya.

Saran

Dari hasil selama saya melakukan kegiatan PRAKERIN, saya memberikan saran agar PRAKERIN dapat dilaksanakan dengan lancar dan baik kedepannya serta saya berharap :
Kepada para peserta PRAKERIN agar mempersiapkan diri dengan menguasai pelajaran yang akan diterapkan dalam industri, agar memudahkan dalam melakukan praktek kerja lapangan di perusahaan.
Saya juga ingin memberikan saran pada pihak perusahaan terutama di Plant Administrasi agar tidak perlu sungkan terhadap anak PKL, usahakan berikan tugas asalkan dengan bimbingan terlebih dahulu sebelum tugas dilaksanakan, agar hasilnya menjadi efektif dan efisien.

Contoh Ke-2 :

Kesimpulan
 
Selama melaksanakan kegiatan praktek kerja industry (PRAKERIN) di PT. Indorama Petrochemicals, penulis mengambil beberapa kesimpulan :
Pembelajaran di dunia kerja adalah suatu strategi yang memberi peluang peserta mengalami proses belajar melalui bekerja langsung pada pekerjaan sesungguhnya. Dengan adanya PRAKERIN penulis dapat merasakan bagaimana pelaksanaan praktek langsung di lingkungan dunia kerja yang dibimbing oleh pihak industri, dan bahkan kami dapat mengukur sejauh mana penguasaan ilmu praktek listrik.

Saran
 
Bagi siswa atau siswi yang melakukan kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) saran yang paling penting adalah menjaga nama baik sekolah di mana perusahaan tempat di laksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan mematuhi peraturan yang ada di perusahaan.
Bagi sekolah sebaiknya siswa atau siswi yang akan diterjunkan ke perusahaan untuk mengikuti PRAKERIN dibekali terlebih dahulu mengenai pekerjaan yang akan dilakukan dalam perusahaan, sehingga siswa atau siswi merasa siap baik secara mental maupun fisiknya.

Contoh Ke-3 :

Kesimpulan 

Saran-saran 

Pada akhir dari bagian karya tulis ini, saya akan menyampaikan saran-saran, baik untuk pihak sekolah maupun bagi pihak industri tentang pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).
  1. Diharapkan agar kerjasama antara sekolah dengan perusahaan lebih ditingkatkan dengan banyak memberi peluang kepada siswa/i SMK untuk Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).
  2. Untuk para karyawan lebih ditingkatkan lagi motivasi dan kedisiplinannya dalam bekerja.
  3. Hubungan karyawan dengan siswa/i Prakerin diharapkan selalu terjaga keharmonisannya agar dapat tercipta suasana kerjasama yang baik.
  1. Pemantauan terhadap siswa/i yang sedang Prakerin maupun yang baru akan melaksanakan Prakerin agar lebih ditingkatkan lagi untuk menyakinkan pihak perusahaan terhadap program PRAKERIN ini.
  2. Dalam pembekalan materi fisik maupun mental agar lebih ditingkatkan terutama untuk pembinaan mental siswa/i.
  3. Dan juga guru-guru selalu memberikan motivasi, bimbingan dan keringanan pada siswa/i yang sedang PRAKERIN.
Itu adalah beberapa contoh Kesimpulan dan Saran yang bisa saya berikan kepada kamu, semoga artikel ini bermanfaat dan juga dapat memberikan kamu sedikit bantuan, Sekian Terimakasih.

Labels:



Comments:
makasih udah bantu gan :D
 
thx udah bantu ya
 
Thanks bang, sangat membantu saya buat besok saat selesai Prakerin.
 
sangat bermanfaat thks
 
THANKYOU VERY MUCH MY FRIEND, I LOVE YOU
 
tank,s yaa
 
makasih banget buat post nya..bermanfaat banget
 
Terbaik
 
bagus. makasih gan. tolong perbaiki redaksi kata nya gan.
 
tq gan
 
makasih kak, aku terbantu banget
 
thanks gan

 
TERIMA KASIH SANGAT SAYA TEMAN SAYA, AKU MENYUKAI ANDA
 
thankyouuuu!<3
 
thank gan . .:D
 
Terima kasih, sangat membantu
 
mksih syg

 
maskasih atas bantuannya,semua ini sangat bermanfaat karena kalian laporansaya bisa selesai tepat waktu semoga anda mendapatkan pahala atas kebaikannya, kurang lebihnya mohon maaf wassalamu'alaikum wr.wb
Depok, 24 April 2018
 
Makasih ka itu sangat membantu
 
This comment has been removed by the author.
 
Amin @Saiful Mujab :v

 
Thankss..
Makasih atas bantuannya
 
Makasih Bantuanya kak
 
Terimakasih Kaksss
 
Syukron
 
thnk uda bantu bang

 
makasih mang

 
Terima kasih,, atas informasi yg sudah dibagi kan kepada saya,, ini membantu saya dalam pembuatan Kesimpulan dan Saran pada Laporan Prakerin saya.


 
makasih banyak ya min
 
Mantap gan
 
Terimakasih, sangat membantu��
 
Gak jadi mikir pusing" dah
 
Gak jadi mikir pusing" dah
 
Bermanfaat banget, makasih udah bantu :)
 
Thanks iya min, bermanfaat banget soalnya saya saat ini lagi buat Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
 
bermanfaat bgt nih:))

 
thanks ya, udah sharing ilmu...God job

 
tahnks kak...jujur aja pas saya mau nulis bagian ini,,kurang enakan aja kalo ngasih saran ke smk...takut tersinggung...hehehehe
 
terima kasih, saya izin menggunakannya

 
thanks kak udah ngasih inspirasi

 
Terima kasih kak, telah menginspirasi membuat laporan pkl
 
Terima kasih BG
 
Makasih kak
 
Terima kasih baxak bang sdh membantu

 
Terima kasih baxak bang sdh membantu

 
ga ngerti

 
Terima kasih banyak sudah membantu
 
Thanks you so much, good luck
 
Banyak kali yang copy:V
 
Makasih atas bantuan nya
 
Terimakasih atas bantuannya bang
 
Thank you, min. berguna bngt dan sangat membantu sehingga dlm prmbuatan laporan saya menjadi ringan.
 
makasih kak ini mempermudah bangett.....
 

Post a Comment





<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?