Sunday, December 18, 2016

Contoh Pendahuluan (BAB 1) Laporan PKL/PRAKERIN

Dalam suatu makalah atau dokumen maka disitu terdapat sebuah pendahuluan yang dimana untuk kita memulai tulisan. Dalam pendahulan ini terdapat latar belakang kita membuat tulisan tersebut atau latar belakan dalam kegiatan apa tulisan tersebut kamu buat. Dalam Laporan PKL/PRAKERIN, pendahuluan adalah ornamen yang masuk kedalam BAB 1. yang didalamnya ada Latar belakang PKL/Prakerin, Sejarah Perusahaan, dan sebagainya. Berikut ini adalah contoh BAB 1 yaitu pendahuluan yang akan saya berikan :

Contoh 1 :

BAB I 

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Diselenggarakan PRAKERIN

Latar adanya tuntunan kurikulum (KBK), yaitu di mana siswa diharuskan untuk menguasai tugas-tugas yang diberikan oleh pihak sekolah baik teori maupun praktek, maka pihak sekolah bekerja sama dengan pihak industri, agar siswa benar-benar mampu praktek, sekolah perlu mengadakan praktek kerja industry (PRAKERIN). Guna memperluas pengetahuan dan sebagai perbandingan antara teori dengan keadaan sebenarnya. Juga sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Semester (UAN) agar menjadi generasi bangsa yang handal menguasai IPTEK.
1. Untuk memperluas pengetahuan tentang dunia industri
2. Meningkatkan dan mengembangkan IPTEK
3. Sebagai perbandingan teori dengan praktek yang sebenarnya
4. Proses pengenalan dan penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan lebih dini
5. Melahirkan sikap tanggung jawab, disiplin, sikap mental, etika yang baik serta dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar

1.2 Latar Belakang dan Sejarah Perusahaan

PT. Indorama Petrochemicals, sebelumnya bernama PT. Polyprima Karyareksa adalah produsen Purified Terephthalic Acid (PTA). PT. Polyprima Karyareksa dibangun diatas tanah seluas kurang lebih 261.800 meter persegi. Dimulai dengan kontak kerjasama pada bulan februari 1995 dengan Jhon Brown selaku supplier, sebelum licency dari ICI telah diperoleh pada bulan November 1995, pelaksanaan konstruksi gedung dilakukan oleh PT. Daelima Utama yang penandatangan kontraknya dilakukan pada bulan Agustus 1995 dan konstruksi pabrik dimulai pada bulan September 1995. Pembangunan konstruksi kurang lebih pada bulan Agustus 1997.

Sistem manajeman PT. Polyprima Karyareksa telah diakui secara internasional. Hal ini ditunjukan dengan diperolehnya sertifikat ISO 9002 yang tepatnya pada bulan Desember 1997, komitmen manajeman terhadap mutu dan system yang baik tercermin juga dari keberhasilan perusahaan ini memperoleh sertifikat ISO 9001 : 2000.

PT. Indorama Petrochemicals menghasilkan kapasitas produk 465.000 Ton dalam satu tahun. Sejak IVL bersama dengan yang lain memegang saham di PT. Indorama Petrochemicals, tepat di tahun 2012 kapasitas produk yang dihasilkan mengalami peningkatan mencapai 500.000 Ton dalam setahun.

1.3 Organisasi Perusahaan
PT. Indorama Petrochemicals memiliki struktur organisasi yang dipimpin oleh President Director yang dibantu oleh Technical Advisor PTA, Vice President Director, General Manager, Marketing & Sales, dan HRD. Adapun departemen yang ada di PT. Indorama Petrochemicals adalah sebagai berikut :

1. Department Information Technology
2. Departmen Purchase and Store
3. Departmen Logistic and Warehouse
4. Departmen Marketing
5. Departmen Raw Material Procurenment
6. Departmen Manajement Information System
7. Departmen Security
8. Departmen Health, Safety, Environtment
9. Departmen Civil
10. Departmen Electric
11. Departmen Instrument
12. Departmen Mechanic
13. Departmen Operation
14. Departmen Quality Assurance & Quality Control
15. Departmen Human Resource Development
16. Departmen Technical

1.4 Bidang Usaha dan Produk

Produk produk PT. Indorama Petrochemicals digunakan untuk proses produksi pada perusahaan ini adalah :

1. Paraxylene
2. Acetid Acid
3. CMB (Cobalt, Manganse, Bromide)
4. Palladium
5. Demin Water 

Produk utama yang dihasilkan PT. Indorama Petrochemicals diantaranya sebagai berikut :

1. Purified Terephthalic Acid For PET
2. Polyester Fiber
3. Polyester Film 

1.5 Tunjangan dan Fasilitas

PT. Indorama Petrochemicals sesuai dengan kesepakatan kerja bersama memberikan tunjangan dan fasilitas kepada karyawan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan, adapun bentuk tunjangan tersebut diantaranya berupa :

1. Tunjangan hari raya keagamaan
2. Tunjangan perumahan
3. Tunjangan kesehatan
4. Tunjangan shift bagi karyawan shift
5. Benefit Car untuk level Superintendent dan Manager

Perusahaan juga menyediakan fasilitas untuk kemudahan karyawan dalam melakukan aktifitas selama di pabrik yaitu : 

1. Penyediaan Bus Untuk Transportasi
2. Kantin
3. Mushola untuk umat muslim

Contoh 2 :

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah

Pendidikan sebagai usaha untuk membentuk,mempersiapkan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas adalah tanggung jawab semua pihak sekolah,keluarga dan masyarakat. Kerja sama untuk saling mengisi dan melengkapi dari ke-tiga pihak tersebut mutlak diperlukan. Salah satu bentuk kerja antara sekolah dan masyarakat dalam hal ini Dunia Usaha adalah bentuk Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dengan tujuan untuk memperkokoh,keterkaitan dan kesesuaian (Link and Match) antara sekolah dan Badan Usaha sebagai konsumen lulusan sekolah.

1.2 Dasar Pemikiran
“ Masyarakat sebagai mitra pemerintah berkesempatan seluas-luasnya untuk berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan nasional. (UUSPN, Bab XIII 47, ayat 1 tahun 1990)”
“Peran serta masyarakat dapat membentuk pemberian kesempatan untuk latihan kerja. (PP No 39, Bab 2, Pasal 4, Butir 8, tahun 1990)”
“Kerjasama SMK dengan dunia usaha saling menguntungkan. (Kepmendiknas No. 094/U/1992 pasal 33)

1.3 Tujuan Program Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)

Tujuan Penyelenggaraan Praktek Kerja Dunia Industri adalah :

Memberikan peluang bagi penempatan lulusan sekolah menengah kejuruan.

1.4 Tempat Pelaksanaan

Penelitian yang dilakukan penulis berlokasi di PT.TUNAS TOYOTA RIDEAN TBK. Jenis usahanya Memperbaiki dan menjual kendaraan Mobil.Jalan Raya Cilegon KM 14 RT 006/01 Cibeber Cilegon 42423. Waktu pelaksanaan penelitian dengan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) selama 4 (Empat) Bulan yaitu pada tanggal 03 November 2014 s/d 03 Maret 2015.

Labels:



Comments:

Post a Comment





<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?